KOMPETENSI LULUSAN PRODI ILMU KOMUNIKASI
Kompetensi Utama
- Mampu membangun kerjasama tim dalam melaksanakan program kehumasan internal dan eksternal;
- Mampu membangun kemitraan dengan publik internal dan eksternal;
- Mampu mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan/program Hubungan Masyarakat dalam berbagai bentuk dan jenjang organisasi serta mengelola media dan program komunikasi kehumasan internal dan eksternal;
- Mampu melaksanakan riset opini publik, pencitraan, reputasi, dan kampanye terbatas untuk mengembangkan hubungan berdasarkan goodwill;
- Mampu menggunakan keterampilan komunikasi untuk membangun hubungan dengan komunitas media, pemerintah dan berbagai publik terkait dengan menggunakan teknologi komunikasi yang terkait dengan bidang penerapan humas termasuk Cyber Public Relations. Pencapaian kompetensi ini melalui mata kuliah Human Relations, Government Relations, Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi;
- Mampu mengelola isu dan menangani krisis komunikasi, konflik dan masalah komunikasi organisasi berdasarkan teori, teknik, prinsip-prinsip dan etika kerja Hubungan Masyarakat;
- Menguasai teori-teori pencitraan, reputasi, persuasi, komunikasi massa, komunikasi publik, pengelolaan isu dan teori relationship untuk mengembangkan hubungan dengan berbagai publik/stakeholders terkait, dan secara kontekstual menguasai pengetahuan tentang posisi, fungsi dan praktik Humas dalam berbagai setting organisasi baik pemerintah, swasta atau lembaga swadaya masyarakat;
- Mampu melakukan evaluasi pascaproduksi media-media public relations baik untuk media cetak maupun elektronik berdasarkan analisis kebutuhan dan pemetaan konsumen & pasar;
- Menguasai teori–teori terkait perilaku konsumen, komunikasi visual, komunikasi persuasi, dan komunikasi massa & media baru sehingga mampu menghasilkan karya kehumasan, produk iklan sesuai perencanaan strategis iklan, keterampilan membuat desain periklanan mencakup copywriting, visualisasi, dan editing baik untuk media cetak maupun elektronik, serta memiliki keterampilan bernegosiasi dan membina hubungan dengan klien;
- Mampu memetakan potensi publik dan permasalahannya dalam upaya menyelesaikan krisis komunikasi;
- Mampu menganalisis dan menginterpretasikan permasalahan (isu) yang terdapat di media massa maupun di publik internal dan eksternal.
Kompetensi Pendukung
- Mengetahui berbagai bidang yang berkaitan dengan komunikasi dan kehumasan;
- Mengetahui teknik lobi dan negosiasi yang digunakan dalam kegiatan kehumasan;
- Mengetahui teknologi komunikasi dan informasi yang digunakan dalam kegiatan kehumasan;
- Mampu membuat perencanaan strategis iklan dan media, memproduksi iklan untuk berbagai tujuan;
- Memiliki kemampuan kritis mengenai fenomena komunikasi dan kehumasan;
- Memiliki kemampuan secara mandiri dan berdikari dalam menjalankan profesi kehumasan;
- Memiliki kemampuan bekerja secara individu dan bekerjasama secara tim di dalam organisasi; 8. Mampu melobi dan bernegosiasi dengan berbagai publik.
Kompetensi Lainnya
- Mampu mengembangkan dan memiliki integritas moral, kreatifitas, imajinasi, inovasi dan kepekaan terhadap perkembangan dan perubahan yang terjadi di publik;
- Memiliki kesadaran dalam bermasyarakat dan bernegara dalam menjalankan profesi kehumasan;
- Memiliki kemampuan berbahasa baik bahasa nasional dan bahasa asing lainnya;
- Memahami berbagai situasi dan kondisi, aspirasi serta kecenderungan perubahan ideologi, politik, sosial, dan budaya.
Profil Lulusan
No. | Profil Lulusan | Deskripsi Kemampuan |
---|---|---|
1 | Konsultan Public Relations | Mampu membantu perusahaan, lembaga atau individu dalam mengkomunikasikan brand, membenahi strategi perusahaan, lembaga atau individu kepada public secara lebih umum. |
2 | Peneliti pemula bidang PR | Melaksanakan penelitian komunikasi bidang PR dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang mampu mempresentasikan hasil penelitian pada forum dan menulis hasil penelitian di jurnal ilmiah. |
3 | Praktisi Pengelola PR perusahaan dan pemerintah | Mampu membantu perusahaan, lembaga atau individu dalam membangun reputasi/citra positif terhadap publik dengan berbagai strategi komunikasi melalui media digital, media sosial dan terjun langsung. |
4 | Social Enterpreneur | Lulusan memiliki karir sebagai wirausahawan di bidang sosial, khususnya komunikasi. |
5 | Pengelola PR bidang pariwisata | Berperan secara aktif, mengembangkan dan mengelola segala potensi pariwisata daerah. |
6 | Jurnalist | Perancang dan pelaksana pekerjaan di bidang jurnalistik (cetak, elektronik, media baru) dengan landasan kode etik jurnalistik. |
7 | Public Relations |
|
8 | Pemerintahan |
|
9 | Peneliti |
|
10 | Wiraswasta |
|
11 | Event Organizer |
|
12 | Pekerja Sosial |
|